
Dalam perjalanan bisnis tidak bisa dihindari pasti kita memiliki pesaing atau paling tidak calon pesaing yang akan mengikuti bisnis kita apabila kita bertindak sebagai pioner, karena kalau tidak mau punya pesaing bisnis jualan aja di hutan atau di planet luar angkasa hehehe.
namun walaupun keberadaan pesaing sebagian besar dianggap mengancam bagi keberadaan binis kita, perlu kita ubah maindset tersebut sehingga bukan menganngap pesaing sebagai musuh namun menjadi pihak yang juga perlu kita menangkan, Pesaing menang kita menang semua menang, pertanyaannya apakah hal itu bisa terjadi ?
Kenapa tidak, bukankah pesaing bisnis sudah didesain oleh Allah sebagai bagian dari dinamika bisnis, alih-alih menghabiskan potensi kita untuk berpikiran negatif dan bertindak negatif terhadap pesaing, justru sebaliknya dengan kita buat pesaing menag kita pun akan ikut menang, bisa tidak ?
tentu bisa, ada berbagai cara untuk semua menang ?
- Berkolaburasi dengan pesaing
- Bertukar Informasi/ Sharing pengalaman masing-masing
- Sebagai acuan dan dorongan mengoreksi bisnis sendiri
- Landasan motivasi untuk berbuat yang terbaik karena setiap orang lebih termottivasi untuk berbuat lebih bila ada pesaing.
0 komentar:
Posting Komentar